Wednesday, April 20, 2011

Forensik


Kapan ya kita mati?
Adalah pertanyaan yang paling sering saya tanya selama stase forensik. Gimana ngga, setiap hari saya ketemu dengan entah korban kecelakaan apa, korban pemukulan apa, gelandangan yang ditemuin di sungai apa, yang tiba-tiba udah tergeletak kaku di brankar dengan luka sangat mengenasakan. Ruang koasnya tepat di samping ruang duka, depannya kamar jenazah. Dan ketika pulang ke kosan saya mesti ngelewatin hamparan pemakaman umum, gimana caranya saya ga inget mati selama koas forensik?

Setiap kantong mayat dibuka, saya selalu deg-degan. Ngebayangin jangan-jangan saya kenal sama si korban, hal yang paling ga bisa saya bayangin dalam bayangan saya (Ok sebut aja ini bayangan pangkat dua, bayangan di dalam bayangan). Dan ketika kantong dibuka, saya bernapas lega, bukan karna ternyata lukanya biasa aja (sejauh ini mayat yang saya visum ga pernah ada yang biasa) tapi karna sosok di depan saya ini, bukan siapa-siapa saya.

Apa ya yang mereka lakuin sebelum tergeletak tanpa daya gitu. Pasti ada suatu urusan yang ngebuat mereka bahagia atau sedih sebelumnya. Mungkin si korban A yang umurnya masih 20 tahunan, keluar di malam minggu untuk ketemu pacarnya yang udah 2 minggu ga ketemu. Atau korban B yang umurnya 30 tahunan buru-buru pulang ke rumah untuk bawa kabar tentang kenaikan gajinya ke sang istri. Dan mungkin korban C pengantin baru yang kabur dari rumah karna berantem sama suaminya. Siap sangka ternyata di tengah jalan mereka malah papasan dengan sang malaikat maut, dan keluar dari tujuan semula.

Betapa sebenarnya maut itu begitu dekat dengan kita, semua orang berharap mati wajar. Tapi, siapa sih yang bisa milih kita mati dengan keadaan apa.

Dulu saya suka iseng mikir. Kalo saya meninggal, siapa aja yang bakal ngelayat saya. Siapa aja yang bakal nangis paling kenceng. Gebetan saya sedih ga ya kalo saya ga ada. Berapa lama ya mereka berduka? Berapa lama saya mulai dilupakan? Gimana mereka setelah saya ga ada?

Yah semua cuma tinggal waktu, toh semua manusia bakal papasan dengan si malaikat maut dalam hidupnya, entah kapan dimana dan dalam keadaan apa....

1 comment:

  1. waduh liat2 mayat begitu, mana tahan!!
    untung gw gak masuk kedokteran (otaknya jg gak nyampe,haha)...
    ya namanya juga takdir, yang penting persiapannya...
    ayo sesama anak 39 berbagi tulisan,hehe...

    ReplyDelete