Wednesday, September 8, 2010

cimol, cemilan persahabatan


Makanan terbaik saya dan teman-teman dari SMP kalo lagi ngumpul adalah cimol. Buatnya gampang tapi rasanya dahsyat. Bumbu-bumbunya langsung di kirim dari tasik, karna bubuk cabe dan penyedap yang biasa saya pake, g ada di pasar-pasar di jakarta.

Saya nyebut cimol ini sebagai cemilan persahabatan, meski terkadang makannya perlu berebut adu urat, tapi buatnya bisa bareng-bareng sambil ngobrol. Saking sukanya saya dan teman-teman buat cimol, sampe-sampe pas ulang tahun, saya pernah dikasih kado baskom gede dan bahan-bahan cimol. Kado pintar, karna mereka-mereka juga yang nikmatin isi kado itu. Baskomnya masih sering saya pake buat bikin cimol sampe sekarang, walau bahan-bahannya udah habis dalam hitungan hari.

ini resepnya:

Bahan:
tepung terigu, sagu, garam, air panas, bubuk cabe (merk Aida), penyedap rasa (merk Atom), minyak goreng

Cara pembuatan:
Masukkan sagu dan tepung sekaligus, usahain sagu lebih banyak dibanding tepung. perbandingannya 3:1. Terus masukkan garam secukupnya. Aduk-aduk
Ambil air panas, masukkan ke dalam adonan sedikit-sedikit. Harus air panas ya, kalo ngga nanti pas digoreng bisa loncat-loncat :). aduk sampai jadi adonan yang bisa di bentuk. Kalo airnya kurang bisa ditambah lagi, kalo terlalu encer, bisa ditambah sagu lagi.

Setelah jadi adonan, sekarang tuangin minyak goreng ke dalam wajan. Lalu panggil temen-temen kamu buat bulet-buletin adonan bareng. Kalian bisa sambil ngobrol, atau gosip sekalian. karna bagian terlama dari bikin cimol ya bulet-buletinnya, dan bagian tercepat adalah pas makannya. Adonan yang udah dibentuk langsung di masukkan ke dalam wajan berisi minyak goreng, biar ga lengket pas gorengnya. Bentuknya jangan terlalu besar, karna pas digoreng nanti adonan bakal mengembang.

Setelah semua adonan dibentuk dan dimasukkan ke dalam wajan, waktunya di goreng. Apinya jangan terlalu gede, dan di gorengnya jangan terlalu lama. Biar hasilnya kenyal, dan ga keras. Yang penting udah mengembang dan di dalemnya udah mateng, cimol udah boleh diangkat. Tiriskan

Lalu masukkin bumbu andalan. Bumbu cabe dan penyedap rasa bisa dimasukkin sesuai selera. Biasanya saya dan teman-teman sengaja masukkin bumbu cabe banyak-banyak buat adu kuat. kalo g punya bubuk cabe merk Aida dan penyedap rasa merk Atom, bisa kok diganti pake merk lain walau rasanya g senikmat 2 bumbu andalan saya itu.

Cara makan:
Saya biasa nempatin cimol yang sudah diberi bumbu ke satu tempat besar, Dikasih bumbu cabe yang banyak dengan syarat, g boleh minum satu tegukpun selama cimol belum habis. Waktu cimol habispun, kita masih suka rebutan bumbu yang nempel di tempatnya. Jadi selesai makan cimol, biasanya kita udah mendesis-desis nahan pedes dengan muka merah.

Hati-hati sakit tenggorokkan,
Selamat mencoba

2 comments: