Friday, January 6, 2017

Long Distance Marriage


Setelah resmi jadi dokter, saya sempat kerja di klinik daerah cibubur, ga terlalu lama karna sudah janji sama om di Tasik mau kerja di kliniknya. Sekalian menunaikan janji saya ke almarhum bapak (kakek), yang setiap ketemu selalu bilang "nanti kalo udah jadi dokter, kerja di Tasik ya". Agak berat sebenarnya buat saya, tinggal kepisah jauh lagi dari orangtua. Ditambah saya baru mulai pacaran sama suami waktu itu. Tapi saya berat janji ke bapak dan kesempatan kerja yang memang lebih besar disana. 

Saya kerja di dua tempat, RS Hj Siti Muniroh dan Klinik Azra. Awal saya pacaran, suami sudah bilang mau serius sama saya. Jadi waktu saya pindah ke tasik saya sempet bilang, insyaallah kalo udah nikah saya pindah lagi ke jakarta. Sekitar setahun kemudian kami menikah, dan suami mulai nagih janjinya. Tapi ditimbang matang-matang lagi, sayang kerjaan disini. "nanti ya kalo hamil pindah ke Jakarta nya" saya mulai menunda lagi. Alhamdulillah, suami ngizinin. Pada dasarnya saya betah, dan belum tentu di Jakarta saya dapet kerjaan yang nyaman kaya disini. Ditambah semenjak nikah saya dapet bonus libur klinik dihari sabtu (sebelumnya senin sampai sabtu, sore hari), jadwal si RS pun bisa request libur, jadi setiap ada suami, saya request libur jaga. Pernah sih udah request libur sabtu minggu, main sama suami ke situ gede, lagi asik makan pinggir danau tiba-tiba ada telfon dari rumah sakit, ternyata harusnya saya jaga siang. Jadwalnya direvisi lagi, dan saya ga tau, ngibrit deh langsung ke RS jaga bawa-bawa suami. 

Seminggu sekali suami ngunjungin saya di tasik, kadang gantian sebulan sekali saya yang ke Jakarta. Tapi lama kelamaan suami jadi sering drop, jumat malem dari kantor, sampai di Tasik sabtu dini hari, harus pulang lagi minggu malem, dan sampai di Jakarta senin dini hari, langsung kerja pagi-pagi nya. Ga tega, tapi saya belum rela ninggalin kerjaan saya ini. Akhirnya disiasatin pulang ke Jakarta nya maju jadi sore, supaya cukup istirahat sebelum kerja.

Ga enaknya LDMan?
Sebelumnya paling sebel-sebel biasa, minta ditemenin ngobrol pas jaga malem, suami yang ga kuat begadang malah ketiduran. Ga bisa tidur, minta temenin suami sampe ngantuk, suaminya ketiduran lagi. Kangen suami, akhirnya suami semprotin parfumnya banyak-banyak ke boneka saya buat ngobatin kangen sebelum pulang, malah bikin tambah kangen, saya ajak ngobrol di telfon, lagi-lagi dia ketiduran.

Tapi yang paling berat pas saya hamil (Alhamdulillah setelah 3 bulan pernikahan saya hamil) . Ajaibnya jadi doyan nasi (sebelumnya saya phobia), dan ini mesti disuapin suami, suaminya jauh, sayanya jadi galau. Penciuman juga jadi super sensitif, peluk suami yang baru dateng aja, malah kecium bau chitato yang diem-diem dia makan pas di jalan, saya bt. Ngeflush pup sendiri aja kadang ga sanggup karna mual sendiri sama baunya. Nyetirpun mulai sering pusing karna sebel liat jalanan. Pengen makan ini itu ga ada suami yang dimintain tolong, nyetir kalo ga kepaksa banget males, saya emang tinggal sama tante dan nenek saya, tapi kadang  suka segen minta tolongnya. Akhirnya saya minta cuti dari RS dan klinik 1 bulan. Pulanglah saya ke Jakarta. Walau sudah janji pindah ke Jakarta setelah hamil, saya tetep minta lanjut kerja dulu sebentar sebelum trimester 3, lumayan buat tambahan biaya lahiran. Kerasa deh enaknya tinggal sama suami, selama di Jakarta pengen apa tinggal bilang suami. Punggung pegel ada yang mijitin, mual-mual ada yang balurin. Ada yang ngajak ngomong dede dalam perut. Laper tengah malem ada yang ambilin makanan. Kalo suami ketiduran di sela-sela ngobrol, gampang banguninnya. Kemana aja saya selama ini? 
Setelah masa hiperemesis lewat, saya kembali lagi ke tasik untuk bekerja, tapi hanya jaga klinik saja, udah ga sanggup jaga IGD sambil gembol perut kemana-mana. Hari pertama ke Tasik lagi setelah sebulan ngungsi ke Jakarta disambut dengan mati lampu malem-malem, suami emang udah pamit tidur duluan. Ada suara berisik dari plafon, persis derap orang jalan, tapi kayanya sih tikus, saya parno dan akhirnya nangis malem-malem sampe ketiduran. Setelahnya saya janji setelah ini ga mau pisah-pisah lagi sama suami. 

(Baru pindah ke jakarta lagi saat hamil 7 bulan, sampe sekarang)
“Tempatkanlah mereka (para isteri) di mana kamu bertempat tinggal menurut kemampuanmu dan janganlah kamu menyusahkan mereka untuk menyempitkan (hati) mereka.” (QS. at-Thalaq: 6)

No comments:

Post a Comment