Saturday, June 5, 2010

Jodoh


Apa itu jodoh?


Sebenernya sih saya udah pernah diskusiin hal ini sama temen saya, kita masing-masing punya pengertian yang beda-beda tentang konsep jodoh. Setelah panjang lebar diskusi, ujung-ujungnya kita malah ganti topik karna pusing sendiri, gantung..


Saya diajarin kalo semua orang diciptain berpasang-pasangan. Dan saya sempet punya keyakinan bahwa jodoh adalah pasangan hidup saya nantinya.. Jadi suami saya nanti berarti jodoh saya.

Tapi beberapa kejadian dan pengalaman bikin saya mikir ulang tentang arti jodoh yang udah saya yakinin bertahun-tahun.


Begini, kakak saya udah nikah 2 kali, istri pertamanya meninggal pas ngelahirin anak ke-2 nya. Abis itu dia nikah lagi. Yang jadi pertanyaan, yang mana jodoh kakak saya?

Apa mungkin satu orang punya 2 jodoh?


Gimana nasib orang yang jodohnya mati muda sebelum sempet ketemu atau sebelum sempet nikah. Mungkin kalo mereka tau sebelumnya jodohnya ternyata mati muda, mereka bisa nyoba jadi model video klipnya wali yang jodi, lebih menghayati dan tentu lebih menguntungkan.


Gimana juga dengan orang-orang yang masih melajang sampai tua? Apa jodoh mereka juga melajang sampai tua karna sama-sama ga bisa saling menemukan dan baru dipertemukan di akhirat nantinya (dengan keyakinan saya semua manusia itu diciptakan berpasang-pasangan). Atau mungkin karna jodohnya udah menikah dengan pasangan yang salah?


Dari sini konsep jodoh yang dulu saya buat kerasa terlalu sederhana. Bahkan mungkin ketika nanti saya udah menikahpun saya ga akan bener-bener tau yang saya nikahin ini jodoh saya apa bukan. Soalnya g akan pernah ada pita-pita jatuh diatas kepala saya dengan spanduk tulisan selamat dari Tuhan karna udah nemuin jodoh yang benar.


Tapi kayanya cinta, pasangan dan jodoh adalah sesuatu yang kepisah deh.


Soalnya seringkali kita sangat sangat cinta sama orang tapi ternyata g bisa berpasangan. Apa ini namanya bukan jodoh? Belum tentu.

Hiks, kenapa Tuhan g biarin kita jatuh cinta sekali aja sama orang yang bener-bener bakal jadi pasangan kita ya

Atau kita g cinta-cinta banget tapi jadi pasangan lalu menikah, awet sampe tua. Inikah jodoh? belom tentu juga

Yang saya yakinin sekarang suami saya nanti adalah pasangan hidup saya selama di dunia, tujuannya ibadah. Jodoh saya nanti adalah pasangan hidup saya di akhirat. Alangkah indahnya lagi kalo ternyata keduanya adalah orang yang sama, semoga..

4 comments:

  1. pemikiran lo di tulisan inu bener2 sama dengan yg selama ini ada di pikiran gw.. hehe

    ReplyDelete
  2. Waktu itu juga gw sempet mau nulis di bkog lo, ih pemikiran ulfa sm kaya pemikiran gw tentang yg nyari pacar.. Tp krn gw blom punya blog, susah mau komennya, hehe..

    ReplyDelete
  3. gini na, ada yg namanya nasib, ada yg namanya takdir. nah, jodoh juga ditentuin dua hal tersebut. kalo yg awet jadi pasangan sampe meninggal berarti takdir, udah ketentuan dari Tuhan. tapi kalo misalnya kaga bisa sampe sekarang belom dapet pasangan, itu namanya nasib. karna nasib itu kita yang nentuin.. :)

    ReplyDelete
  4. Terimakasih topik masukannya.. Mungkin begini ya, Tuhan udah menentukan siapa jodoh kita, tapi kalo kita sendiri g berusaha nyari dmn si 'jodoh', ujung2nya y g bakal ketemu.
    Mungkin salah y istilah 'kalo jodoh g lari kemana' y emang g bakal lari kmn2, tp kalo g saling ketemu y percuma juga :)
    Aga menyentil juga buat buru2 nyari si 'jodoh' hehe..

    ReplyDelete