Friday, June 25, 2010

Ada Apa Dengan Sunda?

Waktu temen smp saya iseng2 minta cariin cowo buat saya ke pacarnya, pacarnya jawab “iya, nanti dicariin temen yang mau sama sunda”. Saya bengong, “loh emang kenapa sunda?”. Kata mereka, rata2 orang2 menghindari sama sunda dan padang.

Kalo masalah padang saya udah tau, karna dari kecil kalo ngatain orang pelit dibilangnya padang. Kalo yang sunda2 ini sebenernya saya udah pernah denger pas sma, temen saya yang jawa (haha, ini jadi semakin sukuisme) bilang kalo dia g boleh nikah sama orang sunda karna terkenal cewenya matre, sumpah saya kaget dengernya karna baru kali itu ngedenger hal kaya gitu. Dan ada juga cerita hubungan temennya sodara saya yang terancam gagal karna keluarga pacarnya yang jawa percaya kalo cowo sunda itu tukang kawin. Saya heran, saya malah lebih bisa nerima alesan "ah jangan nikah sama orang sunda, mereka ga bisa ngomong f sama v" lebih faktual kedengerannya.

Karna menurut saya, pelit, matre dan tukang kawin kan sifat. Oknum. Bukan budaya suatu suku. Ga semua orang yang pelit, matre dan tukang kawin itu orang padang atau sunda. Paman gober yang terkenal kikirpun asalnya bukan padang, dia dari kota bebek yang konon letaknya di benua amerika sana. Jauh dari indonesia sini.

Saya bisa ngerti hubungan kurang harmonis antara suku sunda dan jawa. Mungkin ini ada kaitannya sama perang bubat jaman majapahit dulu. Jadi konon Hayam Wuruk yang berasal dari kerajaan majapahit jatuh cinta sama putri dari kerajaan sunda, Dyah Pitaloka Citaresmi. Kerajaan sunda sendiri bukan bagian dari kekuasaan kerajaan majapahit karna katanya mereka punya hubungan kekerabatan (Raden Wijaya pendiri majapahit masih ada keturunan sunda). Hal ini tentu bertentangan sama sumpah palapa nya gajah mada yang pingin menguasai seluruh nusantara. Jadi waktu akan diadakan pernikahan antara Hayam Wuruk dan Dyah Pitaloka, Gajah Mada membuat alasan (tanpa sepengetahuan Hayam Wuruk) kalo kedatangan mereka sebagai bentuk penyerahan diri kerajaan sunda. Kerajaan sunda yang sedang beristirahat di daerah bubat ini tentu g terima, terjadilah perang Bubat. Karna jumlah armada kerajaan sunda yang sedikit (karna niatnya Cuma nikahin, ngapain bawa pasukan banyak2), kerajaan sunda kalah. Dan Dyah Pitaloka bunuh diri. Mereka g jadi nikah (tapi ada yang bilang juga Hayam Wuruk tetep nikahin jasadnya Dyah Pitaloka). Dan dari situ dari kalangan kerabat sunda diberlakuin peraturan g boleh nikah sama diluar lingkungan kerabat sunda.

Oke tapi itu udah sekitar 7 abad yang lalu. Mungkin gara2 sejarah itupun, dari kecil pikiran saya udah ke set kalo saya bakal nikah sama orang sunda juga. Karna kebetulan kakak2 saya pasangannya satu suku semua. Dulu kalo kakak saya ngenalin calon ke si mamah suka ada kata2 “orang sunda kok mah”. Dulu sih saya sempet mikir, "Emang kenapa kalo bukan orang sunda?" Tapi saya telen sendiri aja. Kata si Mamah mah kalo satu sukukan adatnya ga beda jauh sama keluarga kita. Jadi lebih gampang nyatunya.

Apa salahnya nikah antar suku? atau kalo perlu antar negara? bukannya itu yang bikin budaya kita makin kaya. Toh nikah dengan suku yang sama atau suku tertentupun, g ada yang menawarkan garansi bahagia seumur hidup.

Saya sih kalo nanti ngenalin calon ke orang rumah g bakal mencantumkan “dia orang (apapunlah sukunya)” cukuplah kata2 “dia orang islam kok..”. :)

sumber bacaan

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Bubat
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Kidung_Sunda

25 comments:

  1. bravoo..
    si ade ini udah mulai pinter menulis dan curhat. ini dek, ya aa bilang curhat intelektual.

    tapi sebagai polisi bahasa; ("ah jangan nikah sama orang sunda, mereka ga bisa ngomong f sama v" lebih fakta kedengerannya), gimana kalo jadi lebih faktual.. :) *kidding*

    makasih, loh.. ini berarti salah satu cucu aku yang mulai terbuka pikirannya. eh, maksudnya mau membuka pikirannya lewat tulisan. kan kalo aa mah lewat perilaku (aktivis kesundaan yang nikah sama orang padang)

    ReplyDelete
  2. hehe, nuhun aa.. na teh masih berantakan kalo sama bahasa, koreksi terus ya a.. sekalian belajar..
    Oh iya kayanya baru aa cucu aki yang nikah sama diluar orang sunda y, pelopor a.. biar keluarga kita makin kaya budaya :)

    ReplyDelete
  3. wah, dirimu membawa-bawa padang.. saya kan ada keturunan padang, sunda juga ada.. nah looo..
    eh tulisanmu ini menginspirasi gw nulis tentang keturunan juga lhoo.. tapi dengan topik yang berbeda..hehehe

    ReplyDelete
  4. berarti keluarga lo pendobrak tradisi
    salut fa :)

    ReplyDelete
  5. disatu sisi sy yg notabene sunda tulen turunan trasnmigran agak tersinggung jg ngedenger ad yg bilang klo cowo sunda tuh tukang kawin...tp disisi yg lain sy jg ngga bsa untuk bilang salah untuk kt2 trsebut...karena teman ayah sy sendiri pria sunda yg asli kalijati,subang sekarang udah punya 2 istri,istri pertama orang sunda asli sdngkan yg kedua cewe bugis tulen...
    bahkan beberapa teman ditempat sy tinggal yakni didaerah pengaron,martapura kalsel bilang klo cowo sunda itu kasar2,tukang judi,tukang kelahi,alnya mereka smua pd tw klo preman2 didaerah perkebunan sawit disini kebanyakan premannya adalah asli sunda yg didatangkan lewat transmigran...

    sedihnya diriku melihat ini

    ReplyDelete
  6. Gatal rasanya kalo gw gak komentar walaupun tulisannya udah lama. Setelah berumah tangga dengan pria sunda selama 5th menikah dan memiliki 1 putri gw akan komentar tentang pria sunda :
    1. Pria sunda memang senang selingkuh
    2. Zina dianggap hal yang salah namun bukan dosa besar bagi orang sunda.
    3. Yang penting bagi mereka hidup senang2 saat ini besok teuing tah kumaha.
    4. Hidup santai gak perlu pusing yang penting senang2.
    5. Coba liat statistik angka perceraian dari propinsi mana? Tet tot sunda lagi.
    6. Udah prinsip alam kali yah kalo laki2 sunda seneng zina, maka perempuan sunda (maaf silahkan cek statistik prostitusi lokal maupun LN) asal pelacur tsb kebanyakan orang sunda juga...nah lho.

    Buat cewe atopun cowo kalo yang mau nikah sama orang sunda mending nunggu kiamat aja deh, kecuali emang mau pake mereka buat seneng2 aja, kalo emang mau nyari RT yang samara mending hindari cewe dan cowo sunda. Disaat lagi kasmaran kalian bisa ngomong tai kucing berasa coklat....Kalo hidup udah dihancurin sama orang sunda baru tau rasanya kiamat kayak apa....
    Saran gw, buat orang non sunda yang berniat nikah sama orang sunda mending buang jauh2 niat kalian dari sekarang....kalo tetep maksa, emang tai kucing udah berasa coklat yaudah selamat deh cepat ato lambat kalian bakal ngerasain apa yang gw tulis ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sebenernya pusing baca komentar mba Anonim, tapi terimakasih sudah berbagi pengalamannya. Alhamdulillah saya lahir dari keluarga sunda yang baik-baik dan samara ga perlu pake nunggu kiamat dl, kakek saya setia, bapak saya setia, kakak laki-laki sayapun setia. Mungkin kebetulan mbak Anonim ketemu dengan oknum orang sunda yang kurang baik.
      Saya doain semoga mba Anonim dikasih kesabaran buat ngadepin cobaan ini.

      Delete
    2. Saya sangat setuju dengan Mbak anonim, maaf org sunda mau terima apa ga emg suku sunda di mata suku lainnya kalo cewenya itu (maaf), matre, lonte, doyan selingkuh, morotin, munafik (tau agama tapi....), sama suami orang ayo, cina ayo, asal ada duit, kalo udh kere dia nyari korban lainnya.
      Saya org Sumatera, jadi netral utk menilai. Paling demen cewe Sunda ini sama org cina karena anggapan duitnya mereka banyak, ga peduli siapa, biasanya langsung diembat ditempat tidur.
      Sepertinya memang org sunda ini terlahir cuma untuk seks, jadi kalau cari istri jangan deh Sunda (hampir semua suka di Indonesia berpendapat yg sama).
      Kalo ada temen yg pacaran sm cewe Sunda pasti dinasehatin "ati2 lho sama org Sunda, mereka itu matre, morotin dan doyan selingkuh" dan terbukti setelah menikah, memang ditinggal selingkuh.
      Yg Sunda mau marah silakan, protes silakan, terbentuknya stereotype di kalangan masyarakat Indonesia bukan tanpa sebab, itu kenyataan yg terjadi.
      So, jadi salah nih terlahir dari suku sunda? Ga juga, tp ada agama yg mengatur kita, pake itu, jangan pake budaya sunda yg dah jelek di mata masyarakat Indonesia.
      Sekian, terima kasih.

      Delete
    3. Coba deh teh tanya dulu dia sunda tulen atau bukan ? Saya orang sunda tulen saya tidak pernah berfikiran seperti yang teteh pikir, saya ga pernah punya niat buat selingkuh, malah pacar saya yang sunda campuran suku ......... yang suka selingkuhin saya. Kalau untuk soal perpisahan okk emang saya akui, karena saya berfikiran kalau sudah terlalu sering disakiti kenapa harus dipertahankan, mungkin bukan jodoh yang terbaik. Dan saya sendiri berfikir kalau selingkuh itu dosa besar, saya sendiri ga pernah berfikir kalau zina adalah dosa kecil terus diabaikan. Mohon maaf sebelumnya, bukan saya menjelekan atau menghina saya hanya menyampaikan apa yang saya ingin saya sampaikan saja, karena permusahan cuman bisa menimbulkan kebencian yang bisa membuat hati dan pikiran seorang menjadi kotor.

      Delete
    4. Mbak anonim ini bodoh ya? Saya orang sunda asli memangnya di jawa barat ini suku sunda saja,indramayu, kuningan& cirebon bukan sunda dan jawabarat provinsi no1 terpadat di Indonesia ada minang batak apalagi suku mbak si jawa tukang fitnah banyak sekali

      Ini post lama tpi kesel aja

      Delete
    5. Setuju mba anonymous..prnh pny pngalaman tsb 2 thn dgn cwok sunda yg trnyt doyan selingkuh..kt2 selalu manis dan lemah lembut ttpi trnyt bru tau semua dusta..

      Delete
  7. Ada ada aja si mba anonim mah dikira orang sunda sama semua kalih haha

    ReplyDelete
  8. Klo padang-sunda gimana tuh? Udh pelit tukang selingkuh gtu? :v

    ReplyDelete
  9. Klo padang-sunda gimana tuh? Udh pelit tukang selingkuh gtu? :v

    ReplyDelete
  10. orang sunda terkenal royal
    bisa berat diongkos

    ReplyDelete
  11. Saya juga baru may deket dengan cowok Sunda darah Garut, tp saat Saya ngobrol ringan sama Sopir pribadi Saya yg notabene sudah berkeluarga dia langsung wanti2 jangan sama cowok Sunda karena pengeretan Dan pelit . JD klo ceweknya nyari laki yg Kaya , cowok Sunda juga nyari cewek Kaya. Dimana menurut saya matre adalah hak prerogative perempuan. Sopir Saya cerita, bahwa dia 3.5 than pacaran drngan cewek Sunda habis-habisan diporotin , jadi dulu supit Saya sempet punya toko buku Dan rumaya sukses , saat ngapel dirumah cewek dan si cewek tau dia punya uang APA yg Sopir Saya bilang " aduh apa aja Saya dikasih klo minta m.. juga dikasih udh abis2 dah. Dari situ Saya mikir untung Saya blm lama kenal JD bisa tdk teralu dkt dgn cowok Sunda ini.

    ReplyDelete
  12. he he , diantara beberapa komentar di atas ia dan tidak tergantung terhadap orangnya. hanya ada beberapa gambarang satu istilah di atas MENAK GUNUNG. Aturan baku pada umumnya suku sunda jarang merantau keluar propinsi, sikap pribadi suku sunda tidak mau di atur. istilahnya KAREP DEWEK (diam tapi tidak akan menurut pada siapapun kecuali orang itu benar benar dapat di percaya). marga dalam suku sunda juga ada tetapi kebanyakan apabila kastanya menurun seperti golongan orang kaya,pejabat atau menak umumnya bergelar raden. pada keturunan selanjutnya tidak akan memakai marga dan juga kasta. lebih memilih memutus rantai kasta dan marga. pesan saya jangan memanggi suku sunda dengan kata-kata orang sunda atau urang sunda (itu artinya adalah mengakui anda dan dia berasal dari suku sunda).

    ReplyDelete
  13. oy ya, nenek saya asal dari deli serdang. keluarga orang tua saya rukun walau sunda ama deli he he. kalo anda dari suku lain ingin tau apakah anda di terima di tanah sunda atau tidak. coba anda tinggal di suatu tempat tempat itu luas dan terbuka untuk umum tetapi tidak di ijinkan membangun rumah permanen. hanya dari kayu.tempa itu namanya KUTA TANDINGAN

    ReplyDelete
  14. Astagfirullah Mbak anonim gatel banget ini post lama,
    Saya perempuan orang sunda tapi tdak matre tidak pernah berpacaran atau dekat dengan cowo, tidak pernah berburuk sangka kepada orang yang berbeda suku, dan yang pasti saya tidak pernah meminta uang kepada siapapun memang saya akui semua suku jawa memang benci terhadap sunda karena teman saya yang masih polos di bully sama suku Jawa walaupun mereka di lingkungan sunda.

    ReplyDelete
  15. Maklumlah mbak jawanya tukang kawin ,jadi dia nyalahin cewek sunda biar cewek sunda gak laku yang cewek jawa

    ReplyDelete
  16. Diakui atau tidak, saya sudah berteman dengan banyak orang dari suku lain di indonesia, memang realitanya orang sunda cenderung royal, hambur dan kalau laki2 cenderung malas dan jago kandang. maaf tp memang begitu relaitanya, yang baik? ada, banyak jg.. tp ingat lingkungan itu mempengaruhi.
    saya punya teman sunda dan mereka selalu bilang teman saya yang dari padang pelit, padahal memang mereka ga bisa di ajak hidup susah, justru saya salut dengan teman yang dari padang karena bisa survive dan skala prioritasnya bagus. membeli sesuatu yang sesuai kebutuhan bukan keinginan. tp dimana mana orang baik ada dan orang buruk ada .. ga bisa dipuku rata

    ReplyDelete
  17. Saya aslinya suku Jawa tapi lahir dan besar di Bandung. Walaupun udah lama tinggal di Bandung, orang tua saya selalu ngewanti wanti jangan sampe nikah sama orang Sunda. Banyak yang gak bener sama tukang kawin cerai. Sampai akhirnya saya punya pacar kuliah di Bandung dia orang Sumatra Utara tepatnya di Deli Serdang tapi sukunya sih Jawa juga. Tapi orang tuanya gak ngerestuin sampe suruh mutusin saya karena ngiranya saya orang Sunda.
    Jadi rasanya memang suku sunda tu banyak di anggap gitu lah.

    ReplyDelete
  18. Saya malah punya pengalaman punya istri cewek sunda dari tasikmalaya. Ternyata istri saya ini doyan selingkuh dsn bikin sakit hati.akhirnya saya benar2 kapok sama ce sunda mending saya hindari deh sudah terbukti

    ReplyDelete
  19. Saya pacaran sama cewek sunda dari garut...belum pernah ketemu...tapi hobinya minta in duit...gilaa

    ReplyDelete
  20. Jujur saya mau membuang darah jawa saya
    Saya sebagai wanita jawa , ga suka menjadi orang jawa
    Gara gara orang tua aja nenek moyang dari jawa
    Sebenernya ogah banget , liat aja adatnya aja meuni riweh pisan ... akhirnya saya kabur dari solo ke Bogor
    Ingin merubah darah menjadi wanita sunda seutuhnya hehe

    ReplyDelete